Anggota DPR Papua Dilantik Usai Pelantikan Presiden

Share it:
Papua, Dharapos.com
Pelantikan 55 anggota DPR Papua akan dilaksanakan Jumat, 31 Oktober 2014 usai pelantikan Presiden RI terpilih Joko Widodo – Jusup Kalla.

Penetapan tersebut berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor: 161.91-3833 Tahun 2014 tentang peresmian pengangkatan anggota DPR Papua periode 2014-2019 dan sesuai dengan hasil keputusan bersama Badan Musyawarah DPR Papua.

Demikian disampaikan Wakil Ketua I DPR Papua, Yunus Wonda kepada wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (17/10).

“Keputusan tanggal pelantikan para anggota Dewan tersebut karena sebelum tanggal 20-22 Oktober merupakan situasi siaga satu terkait pelantikan Presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang. Memang hal tersebut dilihat sulit dilakukan karena pelantikan presiden dan wakil Presiden dan waktu steril,” terangnya.

Pelantikan tersebut, lanjut Wonda, sekaligus menjawab teka-teki di kalangan masyarakat Papua termasuk anggota DPR Papua terpilih periode 2014-2019 pasca keluarnya SK Mendagri.

Ketentuan yang harus dilakukan, kata dia, setelah APBD Papua 2015 disahkan tim anggaran Eksekutif dan Legislatif akan berangkat ke Jakarta untuk mengevaluasi APBD 2015 di Kemendagri dan itu tidak bisa dilakukan pada 20-22 Oktober.

“Kemungkinan baru bisa dilakukan evaluasi sekitar tanggal 24-27 Oktober dan setelah itu tidak ada agenda lain lagi sehingga tanggal 31 anggota DPR Papua periode mendatang akan dilantik,” ujarnya.

Ditambahkan, gladi bersih pelantikan ke 55 anggota DPR Papua akan dilaksanakan pada tanggal 28-30 Oktober dan prosesnya hanya mengikuti apa yang ada dalam SK itu. Dan pasca pelantikan, lanjut Wonda, ada kelanjutan agenda yaitu penetapan APBD Papua 2015 yakni tim DPR Papua bersama tim anggaran Pemprov Papua akan mengevaluasi hasil sidang ke Kemendagri.

“Setelah selesai acara pengambilan sumpah maka akan dilanjutkan dengan penunjukan pimpinan sementara dan sesuai ketentuan UU dimana yang menjadi pimpinan dan wakil pimpinan sementara adalah partai pemenang pertama dan kedua yakni Demokrat dan PDIP,” urai Wonda sembari menambahkan kedua partai tersebut yang akan mengisi pimpinan sementara sampai ketua definitif terpilih nanti.

Dalam pemilihan kelengkapan dewan, jelasnya, diharapkan sudah ada Ketua, Wakil Ketua I hingga III definitif dan akan dilantik secara terpisah.

“Jadi nanti ada dua kali pelantikan yaitu pelantikan anggota DPR Papua terpilih dan pelantikan pimpinan serta wakil ketua DPRP dari Demokrat, PDIP, Golkar dan Gerindra.Pimpinan sementara akan memandu semua proses, mulai dari pembuatan tata tertib hingga pemilihan alat kelengkapan dewan. Nanti untuk pimpinan, SK-nya tersendiri dan partai yang akan usulkan ke Kemendagri,” jelas Wonda.

Setelah pelantikan, tambah Wonda, agenda dewan yang baru pada 3 November pembekalan di Jakarta sekitar seminggu lalu mereka kembali menyiapkan kelengkapan dewan.

Berikut nama-nama anggota DPR Papua dan asal partai yang akan di lantik.
Partai Demokrat: Mustakim, Boy Markus Dawir, Frangky Ismael Fonataba, Ruben Magai, Maria Duwitau, Thomas Sondegau, Yunus Wonda, Carolus Kia Kelen Boli, Pendis Enumbi, Orgenes Wanimbo, Denius Kulua, Yarius Balingga, Emus M. Gwijangge, Bobirus Yikwa, Johny Banua Rouw, Jus Jefry Kaunang.

PDI-P: Kristhina R.I. Luluporo, Martea Mamayoa, Anthon H.Noriwari, Lazarus Siep, Herman Yogobi, Yakoba Yola Lokbere, Edoardus Kaize.

Partai Golkar: Jan L. Ayomi, Ignasius Mimin, Deerd Tabuni, Chris Risamasu, Tan We Long, Fernando A.Y. Tinal.

Partai Gerindra: John Ibo, Yanni, Deki Nawipa, Elvis Tabuni, Natan Pahabol, Radius Simbolon.

Partai Hanura: Yan Permenas Mandenas S.Sos, M.Si, Kamasan Yakob Komboy, Wilhelmus Pigai, Nikius Bugiangge, Stefanus Kaisepo.

PKB: Orgenes Kaway, Januarius, L Douw, Agus Kogoya, Madai Komb.

Partai Nasdem: Herlin Beatrix M. Monim, Laurenzus Kadepa, Gerson Soma.

PKS: Tami Gurik, Nioluen Kotouki, Kusmanto, PKPI: H. Syamsunar Rasyid, Muhammad Nawawi, PAN: Sinut Busup, H.Rustam Saru, dan Nason Utti asal PPP.
(HRZ)
Share it:

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga