Shalat Ied, Ribuan Umat Muslim Padati Lapangan Upacara Denzipur 10/KYD Waena

Share it:
Dr. Nuralam, SE, M.Si 
Jayapura,Dharapos.com 
Ribuan umat Muslim di Kota Jayapura memadati Lapangan upacara Denzipur 10/KYD  Waena Distrik Heram kota Jayapura, Provinsi Papua untuk menunaikan Sholat Idul Fitri 1436 Hijriah, Jumat (17/7).


Sholat tersebut dipimpin Imam Masjid Baitul Makmur, Ustad H. Fatahuddin Rumfort, S.Pd.I sementara khatib adalah Wakil Walikota Jayapura DR. H. Nuralam, SE, M.Si.

Pantauan Dharapos-com , antusias masyarakat yang akan mengikuti Shalat Ied sudah telihat sejak pukul 06.00 WIT dan  tidak menunggu waktu lama, umat Muslim langsung memadati  lapangan upacara bahkan sampai melebar ke badan jalan areal Denzipur.

“Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan telah pergi meninggalkan kita sehingga tidak ada seorang pun yang mengetahui apakah kita masih dapat kembali bersua dengan bulan ramadhan di tahun yang akan datang ataukah tidak,” ungkap Nuralam  dalam khotbahnya.

Persoalan yang tak kalah pentingnya lanjutnya, yakni apakah Ramadhan yang baru lewat telah dapat memberikan makna dan arti bagi kehidupan bagi kita. Hal itu kembali pada masing-masing pribadi kita.

“Ramadhan ini, setidaknya telah menggembleng kita untuk melakukan puasa dalam menahan lapar dan dahaga,” lanjutnya.

Setiap hari raya Idul Fitri, umat Muslim berbondomg-bondong  menuju tempat Shalat Ied, yang merupakan hari kemenangan dan sekaligus hari pengampunan oleh ALLAH SWT atas umatnya yang telah menyelesaikan puasanya di bulan Ramadhan.

“Seperti yang disabdakan baginda Rasullah SAW: “Apabila mereka telah berakhir melaksanakan puasa bulan Ramadhan dan keluar untuk menunaikan Shalat Ied, maka Allah Ta’ala berfirman : “Hai para malaikat-Ku, tiap-tiap orang yang bekerja itu mengharapkan upahnya dan tiap-tiap orang yang beramal itu mengharapkan pahalanya,” sambung Nuralam.

Umat Muslim yang telah mendapatkan pendidikan dari puasa selama satu bulan, hendaknya bisa menahan dirinya dari segala macam nafsu syaithoniyah supaya selalu meningkatkan taqwanya, sehingga tetap dalam perlindungan dan pertolongan Allah.

“Sehingga di saat datangnya Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan dan hari pengampunan umat sedunia, marilah kita tingkatkan nilai syukur dan nilai ibadah,dengan memperbanyak amal yang baik dan bagus seperti sholat, zakat dan kita tumbuhkan rasa persaudaraan rasa kasih sayang dan sepenanggungan, berbagi dalam dalam duka dan suka menuju masa depan yang lebih baik dan cerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Walikota Dr. Benhur Tomi mano, MM mengungkapkan, seluruh umat Muslim di kota Jayapura telah melaksanakan Shalat Ied dan seluruh tempat shalat di padati ribuan umat.

Demikian disampaikannya kepada wartawan saat turun langsung memantau seluruh lokasi pelaksanaan Shalat Ied.

Tampak juga, di sejumlah tempat Shalat, para Pemuda Kristen yang tergabung dalam GMKI turut berpartisipasi membantu menjaga keamanan, dan mengatur arus lalu lintas bersama pihak kepolisian khususnya petugas Lantas di sejumlah lokasi. Mereka turut membantu mengarahkan jamaah Muslim ke tempat Shalat Id.

“Saya bangga atas kerukunan yang telah dibangun selama 4 tahun ini bersama Wakil Walikota diatas tanah ini. Kedamaian, ketenteraman, dan keamanan dalam menjaga kebersamaan untuk membangun kota Jayapura menuju kota yang sejahtera,” cetusnya.

Ribuan jamaah saat mengikuti ibadah Sholat Id yang
berlangsung di lapangan Denzipur 10/KYD
Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura
Pada kesempatan tersebut, kepada seluruh umat Kristen di kota Jayapura, Walikota bersama Wawali menyampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerukunan dan ketenteraman yang telah dijaga dengan baik , sehingga umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa hingga selesai.

Selain itu, apresiasi yang sama juga disampaikan kepada seluruh pengelola panti-panti pijat, Bar-bar dan diskotek serta para penjual miras yang taat aturan dan menghargai umat Muslim selama menjalankan Ibadah Puasa.

“Biarlah kerukunan dan kebersamaan ini dijaga terus sebagai satu kekuatan besar untuk membangun kota yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Walikota juga berpesan kepada seluruh Aparatus Sipil Negara, agar setelah selesai menjalankan  bulan puasa dan hari raya Idul Fitri dapat kembali meningkatkan loyalitas, dedikasi dan integritas untuk siap melayani masyarakat.

(Harlet)
Share it:

Jayapura

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga