2 Asrama Mahasiswa Papua Di Jawa Barat Diresmikan

Share it:
Lukas Enembe, S.IP, MH
Bogor, Dharapos.com
Gubernur Lukas Enembe, S.IP MH meresmikan dua asrama mahasiswa Papua yaitu asrama mahasiswa Cendrawasih VI di Kabupaten Bogor dan Cenderawasih XV di Kabupaten Jatinangor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (5/11).

Kegiatan peresmian asrama mahasiswa yang dipusatkan di Kabupaten Bogor ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur dan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Papua Yulce Enembe, SH.

Pemerintah Provinsi Papua dari tahun ke tahun terus memberikan perhatian terhadap pendidikan di Papua dan peresmian asrama  mahasiswa di luar Papua ini pertama kalinya diresmikan oleh Gubernur definitif.

Dikatakannya, kegiatan ini sesuai dengan kebijakan Pemprov yang mempunyai empat program prioritas primadona dalam pembangunan di Papua yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pembangunan infrastruktur.

“Salah satu subtansi di bidang pendidikan adalah penyediaan sarana dan prasarana berupa asrama dengan fasilitas penunjang untuk mendukung penyiapan SDM Papua yang berkualitas, bermoral dan profesional,” paparnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, pembangunan dan penataan asrama mahasiswa Papua bukan saja dari Pemprov tetapi juga dari Kabupaten/Kota untuk menunjang pendidikan anak Papua di luar.

“Bagi Pemerintah Provinsi Papua kegiatan ini sangat penting karena pembangunan dimulai dari pendidikan yang menjadi program unggulan baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/kota untuk mendorong anak-anak Papua yang studi diluar Papua,” lanjutnya.

Kepala Biro Umum Setda Papua Elysa Auri, SE, MM mengungkapkan, untuk meningkatkan SDM Papua sesuai dengan Undang-undang nomor tahun 2001 tentang Otsus Papua yang memberikan penekanan pada pendidikan bagi orang Papua.

“Maka Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Umum Setda Papua sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, telah ikut merencanakan peningkatan SDM Papua melalui penyediaan fasilitas prasarana pendidikan berupa bangunan fisik asrama mahasiswa-mahasisi Papua yang mengikuti perkuliahan di beberapa kota studi diluar Papua,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Auri, pembangunan asrama di Jatinangor dimulai sejak tahun 2013 dengan kapasitas 50 orang, sementara untuk asrama mahasiswa di Bogor berkapasitas 64 orang, kedua asrama ini dilengkapi fasilitas belajar.

“Ada juga asrama Papua di beberapa Provinsi lain seperti di Jogjakarta 1 unit, Bandung 1 unit, Surabaya untuk putra-putri 2 unit, Makassar 2 unit, Manado 2 unit, Bogor 1 unit, Tondano 2 unit, Tomohon 2 unit, Gorontalo 1 unit, Jatinangor 1 unit dan Semarang 1 unit sementara untuk Denpasar dan Malang masih kontrak,” jelasnya.

(Piet)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga