Pemprov Dorong Peningkatan Produk Lokal Papua

Share it:
Asisten II Sekda Papua Drs. Elia I. Loupatty, MM
didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia
Provinsi Papua Joko Supratikno saat
memimpin Rapat Koordinasi
TPID Papua
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi Papua terus mendorong SKPD dan instansi terkait bersama masyarakat untuk meningkatkan produk-produk lokal serta menjaga stabilitas harga  yang  cenderung mahal di wilayah-wilayah Kabupaten/Kota di Papua.

Hal ini disampaikan Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Sekda Papua Drs. Elia I. Loupatty, MM didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikno saat memimpin Rapat Koordinasi TPID Papua bersama SKPD, instansi, BUMD dan   BUMN di Hotel Horison, Jayapura, Rabu (23/3).

Lebih lanjut, kata Loupatty, Pemprov juga memonitor perkembangan komoditas unggulan di Papua,  agar   rakyat  tak  mengalami kesulitan dalam menjangkau  harga-harga,  teristimewa barang-barang kebutuhan yang sebagian  besar didatangkan dari  luar Papua.

Selain itu, pihaknya juga sedang  memonitor produksi-produksi yang ada di Papua ini  dengan harapan ada  Pelabuhan  di Kabupaten/Kota di Papua bisa direct atau langsung  menyalurkan ke  negara-negara tertentu, untuk meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) di Papua.

“Kami target satu dua tahun ke depan Papua bisa memproduksi  dan bisa direct dari  pelabuhan Papua ke luar daerah maupun ke luar negeri dari pada barang-barang asal Papua, jika hendak  ekspor mesti  melalui Surabaya, Makassar atau Bitung,  karena ini soal sertifikasi baik sertifikasi komoditas  maupun sertifikasi pelabuhan,” ujarnya.

Semua ini, lanjut Elia, merupakan perencanaan jangka menengah yang bisa dilakukan bersama agar di Jayapura ini menjadi pelabuhan ekspor.

(Piet)
Share it:

Ekonomi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga