TPID Papua Bakal Jajaki Kerjasama dengan Jawa Timur

Share it:
JokoSupratikno
Jayapura, Dharapos.com
Tim Pengadalian Inflasi Daerah (TPID) Papua bakal menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait komoditas yang bisa di produksi dalam jangka pendek di Provinsi Papua.

"Iya, kita akan ke sana (Surabaya) ketemu dengan  TPID  Jawa Timur untuk menjajaki   bagaimana pola kerjasama antar daerah,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikno kepada wartawan usai Rapat Koordinasi TPID Provinsi Papua  dipimpin Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Sekda Papua Drs. Elia I. Loupatty, MM dihadiri pimpinan  SKPD, instansi, BUMD dan   BUMN di Hotel Horison, Jayapura, Rabu (23/3).

Menurutnya, alasan penjajakan kerja sama dengan TPID Jatim ini dimana 90 persen barang-barang yang diperlukan  masyarakat Papua berasal dari Surabaya.

“Kan kita menyadari bahwa tidak semua komoditas itu bisa diproduksi di Papua, apalagi dalam jangka pendek. Jangka panjang oke, kita akan mengembangkan komoditas seperti cabai, beras dan lainnya. Tetapi saat ini yang kita perlukan adalah bagaimana menjaga pasokan komoditas tertentu yang menjadi penyumbang inflasi itu tetap terjaga di Papua,” ujarnya.

Selain TPID Jatim, lanjut Pratikto, ada juga kerja sama antar daerah ini telah dilakukan beberapa daerah seperti DKI Jakarta dengan NTT, karena  DKI Jakarta adalah daerah  yang membutuhkan  banyak  daging,  sementara NTT sangat kuat di dalam  penggemukan sapi.

“Jadi yang diperlukan saat ini adalah penjajakan kerjasama antar daerah. Dan itu sudah berhasil dilakukan di beberapa daerah. Seperti misalnya DKI Jakarta dengan NTT,” ungkapnya.

Di sisi lain, ujar Supratikno,  TPID Papua  menyadari tak semua komoditas bisa di produksi di Papua,  apalagi dalam jangka pendek.

“Jadi, kerjasama dilakukan secara kontinu dan bisa menstabilkan inflasi di daerah – daerah,” bebernya.

Jika jangka panjang bisa dilakukan dengan mengembangkan komoditas  cabe, jambu  mente  dan lain-lain.

"Yang kita  perlukan adalah bagaimana menjaga pasokan komoditas tertentu agar tetap terjaga di Papua melalui kerja sama antara  daerah," tandasnya.

(Piet)
Share it:

Ekonomi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga