Tindak Lanjuti OPP, Pemkot Jayapura Keluarkan Surat Edaran

Share it:
Sekda Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Jayapura, Dharapos.com
Pasca keluarnya Instruksi Menteri Dalam Negeri RI tentang Operasi Pemberantasan Pungli  (OPP), Pemerintah Kota Jayapura langsung menindaklanjuti kebijakan tersebut.

Inspektorat setempat diinstruksikan untuk segera membuat surat edaran kepada semua SKPD, hingga kepada unit-unit pelaksana teknis yakni kelurahan, puskesmas dan sekolah.

“Tentu untuk mentaati instruksi Mendagri dan tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Karena 
kalau ada yang tertangkap tangan maka yang bersangkutan harus berhadapan dengan hujkum," demikian pernyataan tegas yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, di ruang kerjanya, Selasa (1/11).

Pihaknya telah menegaskan kepada seluruh SKPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot untuk menghindari segala pungutan yang tidak ada dasarnya.

Sebaliknya, ia juga menghimbau kepada masyarakat yang mengalami aksi pemerasan oleh ASN Pemkot Jayapura, agar segera membuat pengaduan.

“Dan terkait itu nantinya akan dibuat kotak pengaduan OPP di Kantor Walikota, begitu juga dengan semua SKPD juga di minta untuk melakukan hal yang sama. Agar setidaknya Pemerintah dapat melayani masyarakat tanpa membebani dengan hal-hal di luar ketentuan,” imbuhnya.

Sekda juga telah meminta jajaran kepolisian untuk melacak adanya aksi pungli di Pasar Hamadi dan Youtefa karena berindikasi telah terjadi ketidakcocokan restribusi di pasar dan jika ditemukan maka akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Untuk sekolah-sekolah juga diminta terkait biaya-biaya yang tidak disepakati dengan orang tua agar jangan melakukan itu, kecuali ada kesepakatan dengan orang tua melalui komite sekolah.

“Karena pendidikan juga tidak terlepas dari tanggung jawab orang tua sehingga harus di musyawarahkan atas kesepakatan dengan komite. Apabila kita melakukan pungutan tanpa sepengetahuan komite sekolah maka hal itu mengindikasikan terjadinya pungli,” tegasnya.


(HAR)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga