Anggota DPR Papua desak Bupati evaluasi Kadiskes Jayawija

Meninggalnya seorang anak usia 9 tahun di Puskesmas Kurulu Kabupaten Jayawija usai disuntik Rubela kini jadi sorotan publik.
Share it:
Anggota Komisi I DPR Papua Emus Gwijangge
Jayapura, Dharapospapua.com - Meninggalnya seorang anak usia 9 tahun di Puskesmas Kurulu Kabupaten Jayawija usai disuntik Rubela kini jadi sorotan publik.

Menyikapi itu, Anggota Komisi I DPR Papua Emus Gwijangge mendesak Bupati setempat untuk mengevaluasi Kepala Dinas Kesehatan setempat dan mengganti Kepala Puskesmas Kurulu

"Saya kaget saat dengar ada anak kecil umur 9 tahun meninggal dunia usai disuntik Rubela di Kurulu. Mau dibilang tidak sengaja tentu tidak mungkin, karena para tenaga medis di tempat ini sudah terlatih," cetusnya, Rabu (15/8/2018).

Mestinya, lanjut Emus, sebelum disuntik dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu karena ini bukan untuk praktek calon tenaga medis.

Atas kejadian itu, dirinya menyatakan kekesalannya dan mempertanyakan dimana peran Kadis Kesehatan dan Kepala Puskesmas setempat, mengapa para medis yang baru selesai pendidikan diberi kesempatan melayani masyarakat ?

Seharusnya, dalam kegiatan seperti ini, tenaga medis yang ditugaskan sudah berpengalaman dukan sebaliknya.

"Terkait persoalan ini, Kepala Dinas harus dievaluasi. Kalau perlu dicopot," desaknya.

Emus bahkan mendesak segera dilakukan evaluasi total terhadap seluruh Puskemas di Pegunungan Tengah.

Dia berharap,  ke depan tenaga medis harus benar-benar yang sudah memiliki kemampuan dan berpengalaman selain pengawasan yang juga harus diperketat.

"Ini bukan masalah denda, tapi yang suntik ini harus segera diusut. Dicari tahu penyebabnya apa? Saya merasa sangat kesal karena ini Dapil saya. Jadi segera evaluasi total," tegasnya.

(Vian)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga