Dinkes Kota gemakan Germas di Jayapura Utara

Sudah seharusnya masyarakat Kota Jayapura, menerapkan pola hidup sehat melalui program yang digemakan Pemerintah pusat yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Share it:
Kadistrik Jayapura Utara, Adam Rumbiak (foto depan kedua dari kanan) saat sosialisasi Germas di wilayah tersebut 
Jayapura, Dharapospapua.com - Sudah seharusnya masyarakat Kota Jayapura, menerapkan pola hidup sehat melalui program yang digemakan Pemerintah pusat yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Karena tentunya sehat itu sangatlah mahal jika kita sudah sakit," ungkap Kepala Dinas Kesehatan setempat dr. Ni Nyoman Sri Antari, saat memberikan sosialisasi Germas di kantor Distrik Jayapura Utara, Jumat (10/8/2018).

Tugas Pemerintah, lanjut dia, adalah untuk mengajak masyarakat agar bangkit dan bergerak dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga, makan buah dan sayur, melakukan cek-up secara teratur, menghindari asap rokok, alkahol  dan kelola stress serta berdoa.

“Jika  kita lakukan hal itu dengan baik maka tubuh kita tentu akan menjadi sehat,“ cetus Kadis.
Germas ini harus terus digaungkan hingga ke kelompok akar rumput agar benar-benar mendapatkan masyarakat yang hidup sehat.

“Ini merupakan program Pemerintah pusat yang digemakan ke seluruh Indonesia termasuk di Kota Jayapura Papua, sehingga perlu kita lakukan adaptasi,” sambung dia.

Penerapan program ini mulai dilakukan Pemerintah di Kota Jayapura, menyusul meningkatnya penyakit yang tidak menular seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes atau kencing
manis, kolesterol, stroke hingga penyakit jantung.

Karena itu, Kadis berharap Distrik Jayapura Utara memulainya dan meneruskannya ke seluruh kelurahan, hingga RT/RW agar masyarakat seluruhnya bergerak, untuk mencapai hidup sehat sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya saat sakit.

Kadis Kesehatan Kota Jayapura dr. Ni Nyoman Sri Antari (kiri) saat sosialiasi Germas
Di tempat yang sama, Kepala Distrik Jayapura Utara, Adam Rumbiak memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan atas sosialisasi Germas ini.

Karena kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan sehingga seluruh staf Distrik Jayapura Utara menyambutnya dengan penuh sukacita.

“Untuk itu, kami harapkan agar momen ini dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin dengan melibatkan seluruh masyarakat di Distrik Jayapura Utara termasuk keterlibatan pegawai,” imbuhnya.

Apalagi, lanjut Rumbiak, selain olahraga bersama juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan tentang hidup sehat.

“Ke depan, ini akan menjadi program rutin yang harus disampaikan ke tengah-tengah masyarakat maupun kita selaku aparatur sipil Negara," harapnya.

Terkait dengan penanganan kasus malaria dan demam berdarah di distrik setempat, Rumbiak mengakui pihaknya bersama 3 Puskesmas di wilayah itu yaitu Puskesmas Tanjung Ria. Puskesmas Jayapura Utara dan Puskesmas Imbi telah sepakat untuk bekerja sama.

“Kami telah sepakat dan lewat dana pemberdayaan distrik untuk membeli dua unit fogging atau alat pengasapan, dan nanti dibantu oleh petgugas Puskesmas setiap ada kejadian di wilayah Distrik Jayapura Utara,” tukasnya.

(Har)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga