Pemberlakuan TPP di 2019 Pacu Kedisiplinan ASN Kota

Disiplin kehadiran yang ditunjukkan pada awal tahun ini telah menegaskan komitmen bahwa aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Jayapura benar-benar siap untuk bekerja melayani masyarakat.
Share it:
ASN Pemkot Jayapura saat apel gabungan di lapangan upacara kantor Wali Kota, Senin (14/1/2019)
Jayapura, Dharapospapua.com - Disiplin kehadiran yang ditunjukkan pada awal tahun ini telah menegaskan komitmen bahwa aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Jayapura benar-benar siap untuk bekerja melayani masyarakat. 

Hal tersebut terbukti pada  pelaksanaan apel gabungan kedua di bulan Januari 2019.

“Kehadiran secara keseluruhan ASN di luar dari guru dan tenaga medis mencapai 85 – 90 persen," demikian pernyataan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah setempat, Dr. Frans Pekey, M.Si saat memberikan sambutan pada apel gabungan, Senin (14/1/2018).

Menurutnya, salah satu pemicu meningkatnya disiplin ASN Kota mengawali 2019 adalah pemberlakuan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) oleh Pemkot sejak awal tahun.

Untuk kepentingan pembayaran TPP ini, ASN Kota diwajibkan memenuhi sejumlah persyaratan dan kriteria yang telah ditentukan.

Diantaranya, syarat yang berkaitan dengan kedisiplinan sebagai salah satu komponen aspek perilaku kerja yang didalamnya adalah disiplin mengikuti apel dan disiplin masuk kantor dengan adalah 60 persen.

“Apel hari Senin ini juga merupakan bagian dari penilaian. Karena itu, jika ASN tidak hadir maka pastinya akan ada pemotongan TPP yang semuanya sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali, red),” cetus Pekey.

Kemudian aspek prestasi kerja, dimana setiap hari ASN melaksanakan tugas apapun harus dicatat dan dilaporkan pada akhir bulan dengan presentase penilaian 40 persen.

Untuk 3 bulan pertama Januari - Maret 2019, Pemkot  masih memberlakukan absensi manual. Dan diharapkan pada 1 April sudah diberlakukan absen digital yang akan terkoneksi antara kepegawaian dan OPD.

“Apalagi kita diatur dengan waktu kerja Senin – Kamis yaitu dari pukul 07.30 Wit hingga pukul 15.00 Wit dan hari Jumat dari pukul 07.30 Wit hingga pukul 14.00 Wit. Dan ini menunjukkan komitmen kita untuk satu hati membangun kota dan masyarakat,” cetusnya.

Meski demikian, diakui Pekey, masih ada beberapa OPD yang tingkat kehadiran ASN untuk mengikuti apel bulan ini masih berkisar 60 – 70 persen. 

“Bahkan ada yang kehadirannya masih 50 persen,” bebernya.

Diakhir pernyataannya, Plt. Sekda juga minta para ASN agar memperhatikan atribut pakaian dinas.

(Har)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga