Germas Sehat Jadi Modal Ciptakan “Gold Generation” di Papua

Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura, Dr. Arwam Hermanus SE, M.Kes, D.Min mengatakan, tujuan utama gerakan masyarakat sehat adalah untuk mencapai kehidupan yang lebih produktif dan sejahtera.
Share it:
Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura, Dr. Arwam Hermanus SE, M.Kes, D.Min
Biak, Dharapospapua.com - Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura, Dr. Arwam Hermanus SE, M.Kes, D.Min mengatakan, tujuan utama gerakan masyarakat sehat adalah untuk mencapai kehidupan yang lebih produktif dan sejahtera.

Dimulai dari bagaimana seluruh komponen menjadi satu baik pemerintah, swasta, lembaga keagamaan, lembaga adat, komponen perempuan serta pemuda untuk membentuk satu perilaku yang sehat.

Hal ini ditegaskannya seusai melakukan sosialisasi Keluarga Hidup Sehat Sebagai Bagian Dalam Menciptakan “Gold Generation” Masa Depan di Tanah Papua dan Indonesia yang berlangsung di Restorant Asia, Rabu (27/2/2019) lalu.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Biak, dr. Daisy Urbinas dan Ketua DPRD, Ir. Zeth Sandy dimana keduanya tampil sebagai narasumber.

Jumlah peserta mencapai 300 orang yang berasal dari seluruh kalangan mulai pemerintah atau eksekutif, legislatif, tokoh agama, tokoh adat, kepala kampung, mahasiswa, anak-anak muda hingga komponen masyarakat.

Sosialisasi Germas Hidup Sehat ini adalah kegiatan lintas sektor yang mana tidak hanya satu dinas saja tetapi semua dinas baik pemerintah juga eksekutif semua terlibat.

“Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia karena instruksi Presiden mulai dari Menteri Kesehatan hingga ke provinsi semuanya melakukan gerakan masyarakat secara keseluruhan,” ungkap Dr. Arwam.

Dan, di seluruh Tanah Papua dipercayakan kepada Politeknik Kesehatan Jayapura untuk melaksanakan Germas sehat ini ke seluruh kabupaten yang lain.

“Jadi kegiatan ini akan terus berkesinambungan dari waktu ke waktu . Dan saya berharap nantinya Biak Numfor menjadi contoh untuk seluruh kabupaten yang ada di Tanah Papua dalam memulai gerakan ini dan harus terus membumi di Papua khusus Kabupaten Biak Numfor,”  tegas Dr. Arwam

Mengapa? Karena sudah ada potensi yang bisa dikembangan misalnya salah satu indikatornya tentang merokok dan miras ini sudah ada Perbupnya hingga nanti dikembangkan menjadi Perda.

Hal penting juga dalam menjaga hidup sehat adalah makan buah dan sayur kemudian berolahraga setiap hari,

“Setiap rumah memiliki WC yang baik kemudian juga ada aktivitas setiap hari seperti olah raga paling utama yaitu setengah jam kemudian check-up  kesehatan bagi seluruh masyarakat yang ada di Kota Biak, karena dari pihak dinas sudah bersedia dan mereka membuka ruang untuk itu,” sambungnya.

Dr. Arwam juga  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Plt Bupati Biak Numfor Herry A. Naap yang sudah menerima pihaknya untuk melaksanakan sosialisasi.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Kadis Kesehatan dr. Daisy Urbinas serta Ketua DPRD yang sudah hadir dan aktif menjadi narasumber.

“Dan seluruh masyarakat Biak Numfor yang sudah terwakili dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini,” tukasnya.

(Hend DK)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga