Dinkes Kota Lakukan Sub PIN Antisipasi KLB Polio

Pemerintah Kota Jayapura (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan sudah merangkaikan vaksin Measles Rubella dan polio sejak 2018 lalu.
Share it:
Kepala Dinkes Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari
Jayapura, Dharapospapua.com - Pemerintah Kota Jayapura (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan  sudah merangkaikan vaksin Measles Rubella dan polio sejak 2018 lalu.

Langkah tersebut, guna mengantisipasi bencana kejadian luar biasa (KLB)  atau Outbreaks di negara tetangga Papua Nugini (PNG).

Sedangkan untuk tahun ini karena ada kasus polio di  Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Yahukimo maka pihaknya melakukan Sup Pekan Imunisasi Nasional (PIN).

"Jadi untuk Tanah Papua dan Papua Barat dilakukan Sup PIN untuk 2 putaran, Maret dan April 2019. Dimana putaran pertama  kita sudah mencapai 100 persen untuk Kota Jayapura.dan kita berharap dukungan masyarakat tetap untuk putaran kedua,“ demikian disampaikan Kepala Dinkes setempat, dr. Ni Nyoman Sri Antari yang dikonfirmasi Dharapospapua.com, Senin (8/4/2019).

Dia mengaku, pihaknya sangat konsen terhadap hal itu. 

“Kita tidak mau anak-anak kita lahir, mereka bertumbuh terus namun kemudian mereka lumpuh kaki sebelah. Karena penyakit polio itu menyebabkan lumpuh layu. Makanya di Kota Jayapura, kami terus berupaya agar  hal tersebut tidak terjadi,” cetus Kadis.

Terkait itu, ia menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan organisasi perangkat daerah yang telah mendukung sukseskan sub PIN polio.

Kadis juga mengakui bahwa kasus tersebut hingga saat ini tidak  terjadi di wilayah Kota Jayapura sembari tetap berharap tidak ada kasus seperti ini yang terjadi.

Pihaknya pun langsung melakukan pencegahan pemutusan rantai penularan dengan memberikan imunisasi polio kepada anak berumur 0 - 15 tahun.

Semua tenaga medis di Puskesmas-puskesmas yang ada di kota Jayapura pun digerakkan. 

“Termasuk pula kami bekerjasama dengan PMI untuk turut mendukung Dinas Kesehatan dalam memberantas atau mencegah penyakit polio,” tukasnya.

(Har)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga