Komisi IV Apresiasi Kemenhub Siapkan 800 Bus Dukung PON XX

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dipastikan menyediakan 800 unit bus dalam rangka mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020 mendatang.
Share it:
Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup
Jayapura, Dharapospapua.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dipastikan  menyediakan 800 unit bus dalam rangka mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020 mendatang.

Ratusan armada tersebut disediakan untuk mengakomodir aktivitas peserta dalam rangka kelancaran ajang tersebut.

Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup dalam pernyataannya seusai pertemuan dengan Dinas Perhungan Papua, Selasa (23/07/2019), memastikan hal itu.

"Iya,  dalam pertemuan tadi mereka (Dishub Papua, red)  sudah menyampaikan bahwa Kemenhub akan sediakan trasportasi darat sebanyak 800 unit bus," akuinya.

Bahkan, lanjut Sinut, untuk masalah BBM dan sopirnya juga disiapkan pihak Kemenhub RI.

"Dengan langkah yang diambil oleh Dishup ini maka masalah transportasi tidak dibebankan lagi untuk APBD Provinsi," cetusnya.

Komisi IV, sambung Sinut, sangat mengapresiasi niat baik dari Kemenhub RI.

Ia juga menjelaskan adanya agenda pertemuan ini karena Dishub Papua sendiri adalah panitia untuk Popnas dan persiapan PON 2020.

"Jadi kami Komisi IV DPR Papua mengundang Dinas terkait untuk menanyakan sudah sejauh mana kesiapan yang dilakukan," jelas Sinut.

Di kesempatan itu pula, pihaknya memberikan apresiasi kepada Dishub Papua yang sudah melobi masalah transportasi ke Jakarta.

"Kami berharap dinas-dinas terkait lainnya jangan hanya diam tetapi contohi apa yang telah dilakukan oleh Dishub Papua," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Papua Reky D. Ambrauw menambahkan, untuk PON ini pihaknya sudah menggelar rapat bersama mitra dan semua mendukung transportasi baik laut, udara dan darat.

Terkait 800 unit bus bantuan Kemenhub RI, akan di bagikan ke 5 klaster yang menyelenggarakan PON XX.

Hanya mungkin untuk Wamena dan Tolikara masih menjadi pertimbangan mereka karena topografinya berbeda dengan Serui, Biak, Jayapura, Timika dan Merauke.

"Untuk transportasi udara, minggu lalu kami sudah bicarakan, kesiapan mereka dari armada sampai di permasalahan tiket," sambungnya.

Pihaknya juga sudah menyurati secara resmi semua operator penerbangan.

Surat itu mengenai tiket untuk menghadapi bukan saja PON tetapi juga Popnas yang tinggal 2 bulan ini.

"Semua itu sudah ditindaklanjuti, kita tinggal menunggu saja tangapan dari perusahan-perusahan penerbagan," tandasnya.

Sedangkan untuk transportasi laut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak  PT. Pelni.

"Dalam waktu dekat, kami akan audens lansung agar punya gambaran yang jelas dalam persiapan jelang PON nanti," pungkasnya.

(Vian) 
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga