Kota Jayapura Akan Jadi Percontohan “Kota Sehat” di Papua

Kota Jayapura akan menjadi salah satu percontohan “Kota Sehat” untuk kabupaten lainnya di Provinsi Papua dan nantinya akan bekerja sama dengan negara tetangga Papua Nugini.
Share it:
Sekretaris Dinas dr. Silwanus Sumule, Sp. OG (K)
Jayapura, Dharapospapua.com – Kota Jayapura akan menjadi salah satu percontohan “Kota Sehat” untuk kabupaten lainnya di Provinsi Papua dan nantinya akan bekerja sama dengan negara tetangga Papua Nugini.

Meski demikian, salah satu  syarat menjadi Kota Sehat adalah seluruh warga yang ada di wilayah tersebut harus menjadi peserta jaminan sosial kesehatan atau BPJS Kesehatan.

“Dan kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jayapura, dalam hal ini Dinas Kesehatan setempat untuk  membicarakan pelaksanaan Kota Sehat,” demikian disampaikan Kepala Dinkes Provinsi Papua, drg. Aloisius Giyai, M.Kes dalam sambutan yang diwakili Sekretaris Dinas dr. Silwanus Sumule, Sp. OG (K) pada acara - Launching pelayanan kesehatan BPJS RS Provita Jayapura, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, ibukota provinsi diujung timur Indonesia ini cocok menjadi contoh untuk pelaksanaan kota sehat di Papua.

“Karena ukuran untuk salah satu kota sehat adalah warga setempat mempunyai jaminan kesehatan. Kalau indikator ini sudah terpenuhi, salah satu syarat tentang kota sehat kita sudah selesai,” cetusnya.

Kadis menambahkan untuk Kota Jayapura sebanyak 10.321 penduduk yang belum dilindungi oleh BPJS Kesehatan.

“Untuk itu, kita akan menyelesaikan  dengan menggunakan dana jaminan Dana Otsus yang akan tuntaskan beberapa waktu ke depan,” tukasnya.

Wakil Wali Kota Jayapura Ir. Rustan Saru, MM juga turut membernarkan data dari BPJS Kesehatan dan Dinkes Provinsi Papua dimana sebanyak 10.321 penduduk di wilayah itu belum ada jaminannya.

“Karena itu, awal Juli ini akan dilakukan pertemuan untuk memastikan data masyarakat yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan,” cetusnya.

Dalam waktu dekat, janji Wawali, Pemerintah juga akan upayakan sehingga seluruh masyarakat Kota Jayapura bisa terlindungi dengan BPJS Kesehatan.

(Har)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga