Legislator Wacanakan Pembangunan PLTA di Papua

Persoalan listrik padam di Kota Jayapura sering terjadi belakangan ini listrik membuat sejumlah pihak angkat bicara.
Share it:
 Anggota Komisi II DPR Papua John R. Gobai
Jayapura, Dharapospapua.com – Persoalan listrik padam di Kota Jayapura sering terjadi belakangan ini listrik membuat sejumlah pihak angkat bicara.

Salah satunya datang dari Anggota Komisi II DPR Papua John R. Gobai yang mewacanakan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Air.

“Dengan sering terjadinya lampu padam akhir-akhir ini, kenapa dari pihak terkait tidak mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA, red) saja? Kan kita bisa lihat banyak kali-kali besar yang ada di Kota Jayapura,” sarannya.

Gobai mencontohkan keberadaan kali Tami di Skow.

“Kalau di kali ini dirikan PLTA, maka PLN akan mendapat energi yang besar hingga dapat membantu mengatasi padamnya listrik seperti yang sekarang ini terjadi,” ungkap Gobai di ruang kerjanya, Jumat (5/7/2019).

Pada kesempatan itu, ia mempertanyakan apa isi konspirasi antara Pertamina dan PLN mengingat semua daerah di Papua memiliki potensi air yang cukup banyak.

“Seharusnya PLTA bisa dikembangkan, kenapa tidak berpikir untuk mengembangkannya dan merasa lebih nyaman mengunakan disel. Kalau kita lihat pengadaan BBM tiap tahun itu berapa? Kenapa tidak berpikir untuk membangun sebuah PLTA,” herannya.

Gobai juga menyinggung soal pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Holtekamp yang bahan bakarnya mengunakan batu bara.

Pertanyaannya, saat ini di Papua, batu bara yang sudah produksi di mana? Ini yang dinamakan proyek bodoh, dalam arti ketika merencanakan sebuah proyek tanpa mempertimbangkan bahan bakunya.

“Kalau kita berbicara PLTA, bahan bakunya ya air saja dan untuk di Jayapura banyak sumber airnya. Oleh karena itu, kali-kali yang ada di Papua ini diteliti untuk prospek pembangunannya,” tukasnya.

(Vian)
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga