Jelang HUT RI Ke-74, IPSI Kota Jayapura Gelar Aksi Bersih-bersih

Dalam rangka mermperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74 dan Peduli Kebersihan, ratusan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI ) Kota Jayapura turun ke jalan untuk melakukan aksi-aksi bersih.
Share it:
Ketua IPSI Kota, Dr. Fachruddin Pasolo, M.Si bersama anggota perguruan silat foto bersama
Jayapura, Dharapospapua.com – Dalam rangka mermperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74 dan Peduli Kebersihan, ratusan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI ) Kota Jayapura turun ke jalan untuk melakukan aksi-aksi bersih.

Aksi tersebut dilakukan Sabtu (3/8/2019) mulai dari taman Yos Sudarso Imbi sambil menyusuri Jalan Ahmad Yani, Percetakan, Taman Gramedia, Jalan Sam Ratulangi dan kembali ke Imbi.
Para pesilat ini memungut sampah yang bertebaran di sepanjang jalan itu.

Selain Ketua IPSI Kota, Dr. Fachruddin Pasolo, M.Si dan pengurus yang hadir guna memberikan suport dan motivasi kepada seluruh perguruan silat, turut hadir pula ketua-ketua perguruan dan anggota.

Pantauan Dharapospapua.com, momen ini membuat anggota IPSI dan ratusan anggota perguruan sangat senang dan bangga, karena selama ini dinilai vakum.

Ratusan anggota IPSI Kota Jayapura turun ke jalan untuk melakukan aksi-aksi bersih di taman Gramedia

Sehingga di pagi itu, mereka menunjukan rasa semangat sebagai bagian dari keluarga besar IPSI Kota Jayapura.

Seusai melakukan aksi bersih-bersih, masing-masing perguruan melakukan peragaan jurus yang tentu menarik perhatian Ketua dan pengurus IPSI Kota, serta masyarakat yang melintas di Taman Imbi.

Pasolo dalam pernyataannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota IPSI yang telah menujukan eksistensi.

“Semoga IPSI Kota Jayapura tetap jaya dan konsisten. Dan kegiatan ini merupakan ajang menggelar kekuatan anggota IPSI dengan melakukan aksi konsolidasi tapi juga dalam rangka menyambut HUT RI ke-74,“ ujarnya kepada media ini, seusai meyaksikan peragaan jurus dari masing-masing perguruan.

IPSI juga  berpartisipasi dalam mengambil bagian untuk  peduli tentang kebersihan lingkungan.

Salah satu perguruan silat mempertontonkan aksinya
Ditambahkan pula, ada 17 perguruan silat yang ada di Kota Jayapura yang berkumpul sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara sesame perguruan.

“Kita taidak melakukan penyegaran tetapi sekaligus berkontribusi kepada kota ini dengan program kebersihan,” sambung Pasolo.

Dikatakannya, program perguruan ini tidak saja melatih anggota di Padepokan, tetapi juga harus keluar

“Kita juga outdoor sehingga setiap anggota memiliki kepercayaan diri. Dimana mereka juga bisa memperkenalkan jurus-jurus dari masing-masing perguruan,” cetusnya.

Lebih lanjut Pasolo juga merincikan, keanggotaan IPSI datang dari berbagai etnis agama bahkan TNI dan Polri yang tentu tidak mengenal perbedaan agama.

Perguruan lainpun mempertontonkan kebolehannya
“Karena yang paling penting, pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga beladiri tapi juga melestarikan olahraga budaya bangsa,” tandasnya.

IPSI Kota sendiri telah menyiapkan 18 atlet pencak silat untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) yang akan berlangsung Oktober mendatang di Papua.

Sementara, 8 atlet telah dipersiapkan IPSI Kota untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Tahun 2020 di Provinsi Papua.

“Saya berharap IPSI bisa mempertahankan prestasi di kanca daerah nasional bahkan internasional,” tukasnya.

(Har)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga