Papua Masih Berada di Zona Merah Kasus Malaria

Provinsi Papua hingga saat ini masih berada pada zona merah kasus Malaria.
Share it:
Workshop Advokasi Lintas Sektor  Lintas Program Malaria di Meeting Room Nirmala Beach Hotel Biak
Biak, Dharapospapua.com – Provinsi Papua hingga saat ini masih berada pada zona merah kasus Malaria.

“Seperti yang diketahui bahwa Papua adalah provinsi yang saat ini masih zona merah khususnya pada 25 Kabupaten dan kota di wilayah itu,” demikian pernyataan yang disampaikan perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Kasubdit Malaria Direktorat P2PTUZ, Dr. Desriana Ginting.

Meski begitu, ada beberapa kabupaten yang sudah mengalami perkembangan positif.

“Kita juga tidak memungkiri bahwa ada beberapa kabupaten sudah dalam komposisi hijau dan komposisi kuning,” sambungnya.

Dirincikan dr. Desriana, ada sebanyak 4 kabupaten yang telah dipilih Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan yang dianggap bisa segera untuk melaksanakan eliminasi Malaria posisinya sudah berada pada tingkat rendah.

Masing-masing Biak Numfor, Supiori, Lani Jaya dan Jayawijaya.

Lanjut dr. Desriana, peran lintas sektor sangat diperlukan guna mencapai tujuan eliminasi malaria pada 2030 di Indonesia.

Dalam hal ini, dibutuhkan penanganan khusus sehingga target eliminasi malaria pada 2030, diharapkan bisa mendapatkan sertifikat nasional atau agar tidak ada lagi kasus Malaria di Indonesia.

“Yang kita ketahuai 80 persen dari pada kasus malaria saat ini ada di Papua (kawasan timur). Dan ini merupakan PR berat dari pada teman-teman di Papua, karena kasus itu masih menumpuk dan jumlah banyak,” tegas dr. Desriana

Ia barharap pada 2020  mendatang saat pelaksanaan PON XX dapat menjadi penyemangat untuk melaksanakan penurunan kasus malaria sesegera mungkin.

“Kita punya event PON (2020-red) akan dilaksanakan dan ini bisa menjadi penyemangat kita untuk melakukan penurunan kasus sesegera mungkin pada beberapa kabupaten,” harapnya.

Secara khusus, terutama pada 4 kabupaten untuk dapat melakuakan asesmen penilaian Malaria.

Sebelumnya, dilaksanakan  kegiatan Workshop Advokasi Lintas Sektor  Lintas Program Malaria di Meeting Room Nirmala Beach Hotel Biak, Rabu (31/7/2019).

Giat tersebut dihadiri sejumlah perwakilan dari 4 kabupaten yakni Biak Numfor, Supiori, Lani Jaya dan Jayawijaya.

(Hend DK)
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga