Rari Kompari Byak Siap Gelar Hari Kenang Group Vokal Mambesak

Tanggal 5 Agustus 2019 akan dirayakan sebagai Hari mengenang Mendiang Arnold Clemens Ap selaku Budayawan dan Seniman Besar Orang Papua asal Byak yang juga adalah Pimpinan Group Vocal Mambesak.
Share it:
Pimpinan dan pengurus Rari Kompari Byak
Biak, Dharapospapua.com – Tanggal 5 Agustus 2019 akan dirayakan sebagai Hari mengenang Mendiang Arnold Clemens Ap selaku Budayawan dan Seniman Besar Orang Papua asal Byak yang juga adalah Pimpinan Group Vocal Mambesak.

Wakil Ketua Rari Kompari Byak, Dance Warnares dalam pernyataannya memastikan itu.

“Mendiang Arnold Ap telah mendedikasikan dirinya bagi eksistensi budaya Papua melalui syair dan musik khas Papua,” terangnya ditemui Dharapospapua.com seusai melakukan rapat pembentukan panitia yang bertempat di Museum Negeri Cendrawasih Biak, Kamis (1/8/2019).

Bahkan “Menyanyi untuk hidup dan hidup untuk menyanyi dari dulu, kini dan nanti” telah menjadi ciri khas sang musisi yang begitu terkenal di eranya.

Untuk kepentingan hajatan tersebut, pihaknya telah membentuk forum dan diberi nama Rari Kompari Byak yang bertujuan untuk menjaga dan melestraikan budaya-budaya Byak agar tidak terancam punah atau hilang.

Rari Kompari Byak diketuai Yeremias Rumbiak, S.Sos. Ia dukung Dance Warnares (Wakil Ketua), Harun Rumkorem (Sekretaris), Adolf Rumainum (Wakil Sekretaris), dan bendahara Markus Imbenai, S. Pak serta dibantu 6 koordinator bidang.

Menurut Dance, budaya merupakan suatu kehidupan yang sangat kompleks dan mempunyai orientasi berkembang dan dimiliki secara bersama oleh kelompok orang tertentu.

Budaya ini yang diwariskan secara turun-temurun dan wajib dijaga serta dilestarikan oleh kelompok orang yang memilikinya sehingga nilai-nilai, norma-norma dan esensi budaya itu sendiri tidak tergilas oleh roda perkembangan abad dan zaman tetapi sebaliknya budaya tetap eksis ditengah zaman modernsasi itu.

“Budaya Byak merupakan salah satu tradisi yang harus dijaga dan dilestarikan sehingga ia tetap ada dan hidup didalam diri pribadi setiap anak-anak Byak,” tegasnya.

Terkait hajatannya, ulang tahun Group Vokal Mambesak akan dirayakan pada 5 Agustus 2019.

Kegiatan ini direncanakan akan dlaksanakan secara sederhana di Museum Negeri Cenderawasih Biak dan akan diperdengarkan sejumlah lagu-lagu Mambesak bersama lagu-lagu rakyat lainnya oleh group-group vokal yang ada di Kota Biak.

(Hend DK/Padim)
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga