Fachruddin: Pejuang Edukasi Dituntut Perkaya Khazanah Ilmu Pengetahuan

Jayapura, Dharapospapua.com - Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Jayapura, Dr Fachruddin Pasolo, M.Si mengatakan pendidikan dan pelatihan menjadi penting,karena perubahan-perubahan yang mengakibatkan satu organisasi, institusi berubah dikarenakan faktor internal dan eksternal. “Apalagi kita yang menjadi pejuang edukasi pendidikan dituntut untuk terus dituntut pada setiap ruang, dan tidak ada jedah waktu untuk terus memperkaya khasana ilmu pengetahuan yang ada pada kita,” ujarnya saat memberikan materi Kebijakan Pendidikan Daerah pada acara Diklat Penguatan Kepala SMP Kota Jayapura, Senin (16/9/2019) di Aula LPMP Papua. Menurut Fachruddin, sesungguhnya kedudukan guru sangat strategis karena merupakan orang pertama yang menginginkan bagaimana mentransformasi nilai-nilai perubahan, perkembangan dinamika dari pada sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi. “Terkait kemajuan ilmu pengetahuan maka kita harus mampu merespon, beradaptasi, apalagi guru dan juga kepala sekolah," tegasnya. Fachruddin menandaskan, kepala sekolah memegang peran sebagai guru dan juga sebagai kepala sekolah meski aturan yang mengatur seorang kepala sekolah untuk mendidik siswa dikurangi. Namun Peran kepala Sekolah adalah seorang pimpinan yang harus dituntut memiliki kemampuan leadership dan Manejerial. “Artinya seorang pemimpin mempunyai pengaruh atas orang lain dan mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga memberi arahan aktivitas-aktivitas mereka untuk membantu tercapainya tujuan kelompok dan organisasi,” katanya. “Begitu juga seorang pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan organisasi,” katanya lagi. Dijelaskan Fachruddin, sekolah merupakan suatu sistem nilai yang mana dia tidak bisa berperan seorang diri. Namun harus mampu membangun sebuah komunikasi sinergitas baik dalam lingkungan imterernal maupun eksternal. Dan dalam setiap organisasi, pimpinan merupakan inti yang mengambil keputusan sebagai landasan pedoman dasar untuk implementasi rancangan program dan kebijakan. “Bagaimana kita berharap mau berubah dengan tugas dan daya saing, sementara kita pas-pasan. Maka tuntutan untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah menjadi sesuatu yang urgen, penting, karena kepala sekolah yang bisa menentukan ke mana arah sekolah dan karena sekolah dibangun untuk menciptakan generasi-generasi bangsa itu menjadi baik,” pungkasnya. (HAR)
Share it:
Jayapura, Dharapospapua.com - Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Jayapura, Dr Fachruddin Pasolo, M.Si mengatakan pendidikan dan pelatihan menjadi penting,karena perubahan-perubahan yang mengakibatkan satu organisasi, institusi berubah dikarenakan faktor internal dan eksternal.    “Apalagi kita yang menjadi pejuang edukasi pendidikan dituntut untuk terus dituntut pada setiap ruang, dan tidak ada jedah waktu untuk terus memperkaya khazanah ilmu pengetahuan yang ada pada kita,” ujarnya saat memberikan materi Kebijakan Pendidikan Daerah pada acara Diklat Penguatan Kepala SMP Kota Jayapura, Senin (16/9/2019) di Aula LPMP Papua.
Foto bersama Para Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo dan Kepala Bidang SMP, Abdul Majid
Jayapura, Dharapospapua.com - Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Jayapura, Dr Fachruddin Pasolo, M.Si mengatakan pendidikan dan pelatihan menjadi penting,karena perubahan-perubahan yang mengakibatkan satu organisasi, institusi berubah dikarenakan faktor internal dan eksternal.

“Apalagi kita yang menjadi pejuang edukasi pendidikan dituntut untuk terus dituntut pada setiap ruang, dan tidak ada jedah waktu untuk terus memperkaya khazanah ilmu pengetahuan yang ada pada kita,” ujarnya saat memberikan materi Kebijakan Pendidikan Daerah pada acara Diklat Penguatan Kepala SMP Kota Jayapura, Senin (16/9/2019) di Aula LPMP Papua.

Menurut Fachruddin, sesungguhnya kedudukan guru sangat strategis karena merupakan orang pertama yang menginginkan bagaimana mentransformasi nilai-nilai perubahan, perkembangan dinamika dari pada sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Terkait kemajuan ilmu pengetahuan maka kita harus mampu merespon, beradaptasi, apalagi guru dan juga kepala sekolah," tegasnya.

Fachruddin menandaskan, kepala sekolah memegang peran sebagai guru dan juga sebagai kepala sekolah meski aturan yang mengatur seorang kepala sekolah untuk mendidik siswa dikurangi. Namun Peran kepala Sekolah adalah seorang pimpinan yang harus dituntut memiliki kemampuan leadership dan manajerial.

“Artinya seorang pemimpin mempunyai pengaruh atas orang lain dan mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga memberi arahan aktivitas-aktivitas mereka untuk membantu tercapainya tujuan kelompok dan organisasi,” katanya.

“Begitu juga seorang pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan organisasi,” katanya lagi.

Dijelaskan Fachruddin, sekolah merupakan suatu sistem nilai yang mana dia tidak bisa berperan seorang diri. Namun harus mampu membangun sebuah komunikasi sinergitas baik dalam lingkungan internal maupun eksternal. Dan dalam setiap organisasi, pimpinan merupakan inti yang mengambil keputusan sebagai landasan pedoman dasar untuk implementasi rancangan program dan kebijakan.

“Bagaimana kita berharap mau berubah dengan tugas dan daya saing, sementara kita pas-pasan. Maka tuntutan untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah menjadi sesuatu yang urgen, penting, karena kepala sekolah yang bisa menentukan ke mana arah sekolah dan karena sekolah dibangun untuk menciptakan generasi-generasi bangsa itu menjadi baik,” pungkasnya.

(HAR)
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga