MKKS SMP/ MTs Benchmarking Ke Dua Sekolah Di Kota Jayapura

Jayapura, Dharapospapua.com - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) melaksanakan benchmarking ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Permata Hati Entrop, dan SMP Al Ihsan Kotaraja, Kota Jayapura. Kamis (24/10/2019). Ketua MKKS SMP/ MTs kota Jayapura, Purnama Sinaga. S.Pd, M.MPd mengatakan pada semester ini pihaknya mempunyai beberapa program yaitu melaksanakan kunjungan ke sekolah melalui kegiatan benchmarking . “Seperti juga sister school kita mau belajar, lalu mengadopsi dan modifikasi materi atau program-program yang bisa kita kembangkan di sekolah masing-masing, Tentu kita akan menyesuaikan dengan situasi kondisi atau Sumber daya dari pada sekolah. Fokus yang akan dipelajari pada pagi hari ini yaitu berkaitan dengan pendidikan penguatan karakter dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), ”ujarnya, Menurut Purnama, Dua hal itu sangat penting karena menjadi fokus dari pada nawacita yang diturunkan di dalam program Kementerian, yaitu tiga fokus dari pada kecakapan abad 21. “Selain PPK dan gerakan literasi ada juga yang kompetensi 4K yakni Kritis berpikir, kreatif, komunikatif dan kolaborasi, dan Kepala kepala sekolah sebagai leader tentu harus menguasai bagaimana pengembangan atau mengimplementasikan program PPK dan GLS di sekolahnya,” ungkapnya. Purnama menambahkan karena SD SDIT Permata Hati dan SMP Al Ihsan sudah mengembangkan ini lebih baik maka pihaknya memilih kedua sekolah itu sebagai tempat untuk benchmarking. Sementatra itu, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Jayapura, Abdul Majid mengatakan kegiatan itu mereka berbagi dalam rangka pengawalan kesempurnaan manajemen di Sekolah masing-masing. “Hari ini mereka belajar tentang sekolah ramah anak dan gerakan literasi sekolah, dari Dirjen GTK sendiri memang salah satu diantara sekolah secara administrasi melakukan praktek. Sehingga dua sekolah SD Permata Hati dan SMP al-ihsan Kotaraja menajdi fokus MKKS, jadi hari ini, bagaimana membina, mendukung, mengawal kepastian layanan sekolah ramah anak dan gerakan literasi sekolah,“tandasnya. (HAR)
Share it:
Jayapura, Dharapospapua.com - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) melaksanakan benchmarking ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Permata Hati Entrop, dan SMP Al Ihsan Kotaraja, Kota Jayapura. Kamis (24/10/2019).    Ketua MKKS SMP/ MTs kota Jayapura, Purnama Sinaga. S.Pd, M.MPd mengatakan pada semester ini pihaknya mempunyai beberapa program yaitu melaksanakan kunjungan ke sekolah melalui kegiatan benchmarking .
MKKS SMP/ MTs Kota Jayapura
Jayapura, Dharapospapua.com - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) melaksanakan benchmarking ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Permata Hati Entrop, dan SMP Al Ihsan Kotaraja, Kota Jayapura. Kamis (24/10/2019).

Ketua MKKS SMP/ MTs kota Jayapura, Purnama Sinaga. S.Pd, M.MPd mengatakan pada semester ini pihaknya mempunyai beberapa program yaitu melaksanakan kunjungan ke sekolah melalui kegiatan benchmarking .

“Seperti juga sister school kita mau belajar, lalu mengadopsi dan modifikasi materi atau program-program yang bisa kita kembangkan di sekolah masing-masing, Tentu kita akan menyesuaikan dengan situasi kondisi atau Sumber daya dari pada sekolah. Fokus yang akan dipelajari pada pagi hari ini yaitu berkaitan dengan pendidikan penguatan karakter dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), ”ujarnya,

Menurut Purnama, Dua hal itu sangat penting karena menjadi fokus dari pada nawacita yang diturunkan di dalam program Kementerian, yaitu tiga fokus dari pada kecakapan abad 21.

“Selain PPK dan gerakan literasi ada juga yang kompetensi 4K yakni Kritis berpikir, kreatif, komunikatif dan kolaborasi, dan Kepala kepala sekolah sebagai leader tentu harus menguasai bagaimana pengembangan atau mengimplementasikan program PPK dan GLS di sekolahnya,” ungkapnya.

Purnama menambahkan karena SD SDIT Permata Hati dan SMP Al Ihsan sudah mengembangkan ini lebih baik maka pihaknya memilih kedua sekolah itu sebagai tempat untuk benchmarking.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Jayapura, Abdul Majid mengatakan kegiatan itu mereka berbagi dalam rangka pengawalan kesempurnaan manajemen di Sekolah masing-masing.

“Hari ini mereka belajar tentang sekolah ramah anak dan gerakan literasi sekolah, dari Dirjen GTK sendiri memang salah satu diantara sekolah secara administrasi melakukan praktek. Sehingga dua sekolah SD Permata Hati dan SMP al-ihsan Kotaraja menjadi fokus MKKS, jadi hari ini, bagaimana membina, mendukung, mengawal kepastian layanan sekolah ramah anak dan gerakan literasi sekolah,“tandasnya.


(HAR)
Share it:

Kota Jayapura

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga