Wagub Papua: Eksekutif dan Legislatif Sependapat RAPBD Sarana Wujudkan Harapan Rakyat

Jayapura, Dharapospapua.com - Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal mengatakan pihak eksekutif sependapat dengan dewan legislatif bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (RAPBD) merupakan sarana mewujudkan harapan seluruh rakyat. “Untuk itu pemerintah provinsi Papua dengan sungguh-sungguh telah melaksanakan penyusunan anggaran dengan rasional dan terukur, serta yang paling penting anggarannya dipergunakan secara efektif, efisien, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya saat memberikan sambutan pada acara penutupan sidang Paripurna penetapan Raperdasi APBD Tahun Anggaran 2020 dan Raperdasi/ Raperdasus Non APBD, Rabu (30/10/2019). Menurut Klemen, dapat dipastikan APBD Provinsi Papua dipergunakan sebesar-besarnya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat khusus di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan pemenuhan sarana prasarana dasar dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua khususnya Orang Asli Papua. “Kami memahami apa yang menjadi perhatian dan keprihatinan, dewan yang terhormat terhadap peningkatan pendapatan daerah khususnya Pendapatan asli daerah. Ini menunjukkan bahwa pemerintah provinsi Papua dan dewan yang terhormat memiliki komitmen dan pandangan yang sama,” katanya. Klemen menandaskan, salah satu wujud dari visi misi Papua bangkit Mandiri dan sejahtera yang berkeadilan, yaitu kemandirian adalah tercermin melalui meningkatnya kontribusi PAD dalam mendukung pelaksanaan pembangunan daerah,. “Untuk itu diperlukan optimalisasi dan inovasi sumber-sumber potensi pendapatan maupun pos Pendapatan asli daerah. Melalui strategi intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi. Pendapatan asli daerah yang tetap mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis tepat sasaran transparan dan akuntabel,” tegasnya. Klemen berjanji akan memastikan prioritas pembangunan daerah yang tercermin dalam postur APBD Tahun Anggaran 2020 dengan konsisten dan berorientasi pada peningkatan pembangunan manusia, antara lain peningkatan akses dan kualitas pendidikan peserta program afirmasi anak asli Papua. “Selanjutnya peningkatan Pelayanan Kesehatan melalui KPS, peningkatan pelayanan rumah sakit, pengembangan ekonomi dan potensi unggulan daerah serta orientasi pemerataan dan keadilan dan kewilayahan antara lain pengembangan pangan lokal, peningkatan produksi pertanian, peningkatan usaha kecil dan menengah serta peningkatan kualitas ketenagakerjaan sehingga manfaatnya diyakini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua khususnya Orang Asli Papua,”bebernya. Kelem menambahkan, mewakili Pemerintah Provinsi Papua dirinya memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan perwakilan rakyat Papua, melalui fraksi-fraksi, badan anggaran dan komisi-komisi. “Yang dengan sungguh-sungguh bersama eksekutif telah membahas dan memberikan dukungan terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2020 dan Raperdasi/ Raperdasus non APBD dalam sidang paripurna ini,” pungkasnya. (Vian)
Share it:
Jayapura, Dharapospapua.com - Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal mengatakan pihak eksekutif sependapat dengan dewan legislatif bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (RAPBD) merupakan sarana mewujudkan harapan seluruh rakyat.    “Untuk itu pemerintah provinsi Papua dengan sungguh-sungguh telah melaksanakan penyusunan anggaran dengan rasional dan terukur, serta yang paling penting anggarannya dipergunakan secara efektif, efisien, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya saat memberikan sambutan pada acara penutupan sidang Paripurna penetapan Raperdasi APBD Tahun Anggaran 2020 dan Raperdasi/ Raperdasus Non APBD, Rabu (30/10/2019).
Wagub Papua Klemen Tinal membacakan pidato penutupan sidang paripurna
Jayapura, Dharapospapua.com - Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal mengatakan pihak eksekutif sependapat dengan dewan legislatif bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (RAPBD) merupakan sarana mewujudkan harapan seluruh rakyat.

“Untuk itu pemerintah provinsi Papua dengan sungguh-sungguh telah melaksanakan penyusunan anggaran dengan rasional dan terukur, serta yang paling penting anggarannya dipergunakan secara efektif, efisien, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya saat memberikan sambutan pada acara penutupan sidang Paripurna penetapan Raperdasi APBD Tahun Anggaran 2020 dan Raperdasi/ Raperdasus Non APBD, Rabu (30/10/2019).

Menurut Klemen, dapat dipastikan APBD Provinsi Papua dipergunakan sebesar-besarnya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat khusus di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan pemenuhan sarana prasarana dasar dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua khususnya Orang Asli Papua.

“Kami memahami apa yang menjadi perhatian dan keprihatinan, dewan yang terhormat terhadap peningkatan pendapatan daerah khususnya Pendapatan asli daerah. Ini menunjukkan bahwa pemerintah provinsi Papua dan dewan yang terhormat memiliki komitmen dan pandangan yang sama,” katanya.

Klemen menandaskan, salah satu wujud dari visi misi Papua bangkit Mandiri dan sejahtera yang berkeadilan, yaitu kemandirian adalah tercermin melalui meningkatnya kontribusi PAD dalam mendukung pelaksanaan pembangunan daerah,.

“Untuk itu diperlukan optimalisasi dan inovasi sumber-sumber potensi pendapatan maupun pos Pendapatan asli daerah. Melalui strategi intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi. Pendapatan asli daerah yang tetap mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis tepat sasaran transparan dan akuntabel,” tegasnya.

Klemen berjanji akan memastikan prioritas pembangunan daerah yang tercermin dalam postur APBD Tahun Anggaran 2020 dengan konsisten dan berorientasi pada peningkatan pembangunan manusia, antara lain peningkatan akses dan kualitas pendidikan peserta program afirmasi anak asli Papua.

“Selanjutnya peningkatan Pelayanan Kesehatan melalui KPS, peningkatan pelayanan rumah sakit, pengembangan ekonomi dan potensi unggulan daerah serta orientasi pemerataan dan keadilan dan kewilayahan antara lain pengembangan pangan lokal, peningkatan produksi pertanian, peningkatan usaha kecil dan menengah serta peningkatan kualitas ketenagakerjaan sehingga manfaatnya diyakini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua khususnya Orang Asli Papua,”bebernya.

Kelem menambahkan, mewakili Pemerintah Provinsi Papua dirinya memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan perwakilan rakyat Papua, melalui fraksi-fraksi, badan anggaran dan komisi-komisi.

“Yang dengan sungguh-sungguh bersama eksekutif telah membahas dan memberikan dukungan terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2020 dan Raperdasi/ Raperdasus non APBD dalam sidang paripurna ini,” pungkasnya.


(Vian)
Share it:

Papua

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga