Dinkes Kota Jayapura Gelar Temu Kader Untuk Bina Keakraban

Jayapura, dharapospapua.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura menggelar Temu Kader Posyandu untuk membina keakraban, memberikan motivasi kepada sesama kader dalam rangka meningkatkan pelayanan. Berdasarkan pantauan media ini, Temu Kade Posyandu digelar di Gedung Sian Soor, Selasa (26/11/2019) dan dihadiri ratusan orang yang hadir dari lima Distrik, 25 Kelurahan dan 10 Kampung di Kota Jayapura. Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano.MM dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setda Kota Jayapura Drs. M. Nur Jainuddin Konu menyatakan, Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. “Seyogyannya pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus. Posyandu merupakan salah satu pusat kegiatan dimana masyarakat dapat sekaligus memperoleh pelayanan KB dan kesehatan serta pelayanan professional oleh kader,“ujarnya. Menurut Wali Kota, Posyandu merupakan suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja puskesmas. “Pelaksanaannya dilakukan di setiap Kelurahan atau RW berupa kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi dan gizi, penimbangan balita yang sasarannya adalah ibu hamil dan ibu menyusui,” katanya. Wali Kota menandaskan, Posyandu memiliki ruang lingkup yang luas dan bervariasi di samping itu terdapat kriteria Posyandu yang mempunyai tujuan dan fungsi masing-masing. “Lewat termu kader ini menjadi momentum para kader agar semakin semangat, dalam bekerja tanpa pamrih demi meningkatkan pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat,“ ungkapnya. Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan dr. Ni Nyoman Sri Antari mengatakan Posyandu merupakan wadah kesehatan berbasis masyarakat. Kader Posyandu adalah tenaga sukarela yang dipilih oleh masyarakat dan bertugas mengembangkan masyarakat ,bahkan kader sendiri merupakan warga setempat. “Kader Posyandu merupakan pilar utama penggerak pembangunan khususnya di bidang kesehatan yang secara swadaya dilibatkan oleh Puskesmas dalam kegiatan pelayanan kesehatan, yang salah satunya adalah pemberian imunisasi vitamin "A" dan pengumpulan data ibu hamil,” bebernya. Dijelaskan Sri Antari, tugas mereka untuk memberikan penyuluhan di setiap posyandu seperti imunisasi, penyakit menular dan tidak menular germas dan gizi. Untuk Kota Jayapura memiliki 210 Posyandu dan masing-masing ditempatkan 2 kader sehingga jumlah kader sebanyak 420 orang. “Total kader Posyandu secara keseluruhan ada 955 orang yang tersebar di 5 distrik dan 39 Kelurahan dan kampung. Tujuan temu kader untuk meningkatkan pemahaman peserta kader posyandu mengenai peran dan fungsi Posyandu,” katanya. “Kemudian meningkatkan pengetahuan peserta temu kader mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai kader Posyandu dan terbinanya keakraban peserta, “ katanya menambahkan. (HAR)
Share it:
Jayapura, dharapospapua.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura menggelar Temu Kader Posyandu untuk membina keakraban, memberikan motivasi kepada sesama kader dalam rangka meningkatkan pelayanan.    Berdasarkan pantauan media ini, Temu Kade Posyandu digelar di Gedung Sian Soor, Selasa (26/11/2019) dan dihadiri ratusan orang yang hadir dari lima Distrik, 25 Kelurahan dan 10 Kampung di Kota Jayapura.    Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano.MM dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setda Kota Jayapura Drs. M. Nur Jainuddin Konu menyatakan, Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.
Asisten II Setda Kota Jayapura, Drs.M.Nur Jainuddin Konu (tengah) Ketua TP PKK kota Jayapura, Ny.Kristhina R.I.L Mano,S.IP, M.AP, (kiri) dan kadis  Kesehatan dr.Ni Nyoman Sri Antari  (kanan) bersama-sama membuka Temu Kader
Jayapura, dharapospapua.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura menggelar Temu Kader Posyandu untuk membina keakraban, memberikan motivasi kepada sesama kader dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Berdasarkan pantauan media ini, Temu Kade Posyandu digelar di Gedung Sian Soor, Selasa (26/11/2019) dan dihadiri ratusan orang yang hadir dari lima Distrik, 25 Kelurahan dan 10 Kampung di Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano.MM dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setda Kota Jayapura Drs. M. Nur Jainuddin Konu menyatakan, Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

“Seyogyannya pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus. Posyandu merupakan salah satu pusat kegiatan dimana masyarakat dapat sekaligus memperoleh pelayanan KB dan kesehatan serta pelayanan professional oleh kader,“ujarnya.

Menurut Wali Kota, Posyandu merupakan suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja puskesmas.

“Pelaksanaannya dilakukan di setiap Kelurahan atau RW berupa kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi dan gizi, penimbangan balita yang sasarannya adalah ibu hamil dan ibu menyusui,” katanya.

Wali Kota menandaskan, Posyandu memiliki ruang lingkup yang luas dan bervariasi di samping itu terdapat kriteria Posyandu yang mempunyai tujuan dan fungsi masing-masing.

“Lewat termu kader ini menjadi momentum para kader agar semakin semangat, dalam bekerja tanpa pamrih demi meningkatkan pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat,“ ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan dr. Ni Nyoman Sri Antari mengatakan Posyandu merupakan wadah kesehatan berbasis masyarakat. Kader Posyandu adalah tenaga sukarela yang dipilih oleh masyarakat dan bertugas mengembangkan masyarakat ,bahkan kader sendiri  merupakan warga setempat.

“Kader Posyandu merupakan pilar utama penggerak  pembangunan khususnya di bidang kesehatan yang secara swadaya dilibatkan oleh Puskesmas dalam kegiatan pelayanan kesehatan, yang salah satunya adalah pemberian imunisasi vitamin "A" dan pengumpulan data ibu hamil,” bebernya.

Dijelaskan Sri Antari, tugas mereka untuk memberikan penyuluhan di setiap posyandu seperti imunisasi, penyakit menular dan tidak menular germas dan gizi. Untuk Kota Jayapura memiliki 210 Posyandu dan masing-masing ditempatkan 2 kader sehingga jumlah kader sebanyak 420 orang.

“Total kader Posyandu secara keseluruhan ada 955 orang yang tersebar di 5 distrik dan 39 Kelurahan dan kampung. Tujuan temu kader untuk meningkatkan pemahaman peserta kader posyandu mengenai peran dan fungsi Posyandu,” katanya.

“Kemudian meningkatkan pengetahuan peserta temu kader mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai kader Posyandu dan terbinanya keakraban peserta, “ katanya menambahkan.

(HAR)
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga