Pemprov Siap Fasilitasi Mahasiswa Papua Yang Kembali Ke Berbagai Daerah

Jayapura, Dharapospapua.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat siap memfasilitasi mahasiswa asal daerah itu yang ingin kembali ke tempat mereka di berbagai daerah di Indonesia “Sebanyak 312 Mahasiswa Papua menyatakan ingin kembali ke daerah tempat mereka kuliah, Saya sudah laporkan ke Bapak Gubernur tadi malam,” ujarnya di Jayapura, Selasa (26/11/2019). Hery katakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama Polda membahas terkait keinginan ratusan mahasiswa kembali ke berbagai daerah. "Nanti akan dibentuk tim yang tentunya dikoordinir oleh Bapak Kapolda," tandasnya. Dijelaskan Hery, nantinya tim akan menyampaikan kepada Gubernur Papua mengenai kebutuhan pembiyaan yang untuk mengembalikan mahasiswa Papua ke berbagai daerah di Indonesia. "Intinya pemerintah daerah siap. Tadi malam saya sudah lapor ke bapak gubernur dan bapak gubernur siap mengakomodir semuanya," ungkapnya. Sementara itu Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan rencana pemulangan mahasiswa Papua ke berbagai daerah akan dilakukan secepatnya. Ratusan mahasiswa yang menyatakan ingin kembali ke berbagai kota studi melanjutkan kuliah mereka saat ini berada tersebar di Jayapura, Nabire dan beberapa kabupaten lain di Papua. "Tidak mudah meyakinkan para mahasiswa kembali ke berbagai kota studi karena ada pihak-pihak yang mengintervensi agar mereka tidak kembali melanjutkan kuliah," pungkasnya. Sekedar diketahui, sebelumnya sebanyak 3.000 mahasiswa Papua dari berbagai daerah di Indonesia memilih pulang kampung sejak beberapa bulan lalu. Ribuan mahasiswa ini kembali ke Papua karena merasa tak aman dan nyaman, pasca-ujaran rasisme kepada mahasiswa asal Papua di Surabaya pada pertengahan Agustus 2019. (Vian)
Share it:
Jayapura, Dharapospapua.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat siap memfasilitasi mahasiswa asal daerah itu yang ingin kembali ke tempat mereka di berbagai daerah di Indonesia    “Sebanyak 312 Mahasiswa Papua menyatakan ingin kembali ke daerah tempat mereka kuliah, Saya sudah laporkan ke Bapak Gubernur tadi malam,” ujarnya di Jayapura, Selasa (26/11/2019).
Sekda Papua, Hery Dosinaen
Jayapura, Dharapospapua.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat siap memfasilitasi mahasiswa asal daerah itu yang ingin kembali ke tempat mereka di berbagai daerah di Indonesia

“Sebanyak 312 Mahasiswa Papua menyatakan ingin kembali ke daerah tempat mereka kuliah, Saya sudah laporkan ke Bapak Gubernur tadi malam,” ujarnya di Jayapura, Selasa (26/11/2019).

Hery katakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama Polda membahas terkait keinginan ratusan mahasiswa kembali ke berbagai daerah.

"Nanti akan dibentuk tim yang tentunya dikoordinir oleh Bapak Kapolda," tandasnya.

Dijelaskan Hery, nantinya tim akan menyampaikan kepada Gubernur Papua mengenai kebutuhan pembiyaan yang untuk mengembalikan mahasiswa Papua ke berbagai daerah di Indonesia.

"Intinya pemerintah daerah siap. Tadi malam saya sudah lapor ke bapak gubernur dan bapak gubernur siap mengakomodir semuanya," ungkapnya.

Sementara itu Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan rencana pemulangan mahasiswa Papua ke berbagai daerah akan dilakukan secepatnya.

Ratusan mahasiswa yang menyatakan ingin kembali ke berbagai kota studi melanjutkan kuliah mereka saat ini berada tersebar di Jayapura, Nabire dan beberapa kabupaten lain di Papua.

"Tidak mudah meyakinkan para mahasiswa kembali ke berbagai kota studi karena ada pihak-pihak yang mengintervensi agar mereka tidak kembali melanjutkan kuliah," pungkasnya.

Sekedar diketahui, sebelumnya sebanyak 3.000 mahasiswa Papua dari berbagai daerah di Indonesia memilih pulang kampung sejak beberapa bulan lalu.

Ribuan mahasiswa ini kembali ke Papua karena merasa tak aman dan nyaman, pasca-ujaran rasisme kepada mahasiswa asal Papua di Surabaya pada pertengahan Agustus 2019.


(Vian)
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga