Disdukcapil Kota Mulai Data OAP Melalui Pelayanan GISA

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura di tahun ini mulai membuka pelayanan GISA khusus kepada Orang Asli Papua (OAP), Sabtu (30/11/2019).
Share it:
Disdukcapil Kota Jayapura mulai membuka pelayanan GISA khusus kepada OAP pada Sabtu (30/11/2019)

Jayapura, Dharapospapua.com -  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura di tahun ini mulai  membuka pelayanan GISA khusus kepada Orang Asli Papua (OAP) pada Sabtu (30/11/2019).

Data OAP ini nantinya akan dipakai untuk kegiatan yang diprogramkan oleh setiap OPD di lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

Giat tersebut mengambil lokasi di kawasan wisata pantai Ciberi kampung Enggros yang dikhususkan bagi OAP Port Numbay.

Untuk diketahui, GISA OAP Port Numbay ini telah di canangkan oleh Wali Kota Jayapura di Kampung Nafri pada awal November lalu.

Pantauan media ini, ratusan warga dari Kampung Tobati dan Enggros memadati tempat pelayanan untuk mengurus dokumen kependudukan mereka.

Kepala Dispendukcapil setempat Dr. Merlan S. Uloli, SE, MM mengatakan jika  program melalui data Otsus ini benar-benar tepat sasaran maka GISA menjadi salah satu solusi terbaik.

Salah satunya, terkait keberpihakan Pemerintah terhadap OAP Port Numbay.

"Program ini memang didanai oleh dana Otonomi Khusus sehingga kita melihat kekhususan itu bagi orang asli Port Numbay," ungkapnya.

Lanjut Merlan,  di tahun ini terkait dengan data OAP juga telah dimiliki Dukcapil berdasarkan aplikasi.

"Dan setelah kita mendapat data berapa jumlah mereka, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan dokumen kependudukan," sambungnya.

Ditambahkan Merlan, tahun ini pihaknya menargetkan pendataan OAP Port Numbay guna menyukseskan program melalui dana Otsus itu sendiri sebanyak 600 orang.

Sampai dengan saat ini, rinci Merlan, data OAP Port Numbay tercatat sebanyak 17 ribu.

Namun sejak pertama kali pendataan di  2015 lalu, baru mencapai 11 ribu  orang.

Selaku kepala dinas,  Merlan pada kesempatan itu tak lupa menghimbau kepada masyarakat Port Numbay untuk datang melakukan pengurusan seluruh dokumen kependudukan di kampung-kampung saat Dukcapil turun untuk membuka pelayanan.

(Har) 
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga