63 Petugas Lapangan di Biak Ikut Pelatihan Suspenas

Sebanyak 63 petugas lapangan di Biak resmi mengikuti pelatihan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Suspenas) Maret 2020 yang berlangsung 10 - 15 Februari 2020. Ke 63 orang dari kalangan pemuda-pemudi yang ada di wilayah itu direkrut dan dilatih sebagai petugas lapangan.
Share it:
Foto bersama
Biak, Dharapospapua.com – Sebanyak 63 petugas lapangan di Biak resmi mengikuti pelatihan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Suspenas) Maret 2020 yang berlangsung 10 - 15 Februari 2020.
Ke 63 orang dari kalangan pemuda-pemudi yang ada di wilayah itu direkrut dan dilatih sebagai petugas lapangan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Biak Numfor Yunus Wakum, SE mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Atas nama Kepala Badan Pusat Statistik Biak Numfor, kami mengapresiasi kegiatan ini,” ucapnya saat ditemui Dharapospapua.com seusai membuka kegiatan pelatihan yang berlangsung di Hotel Mapia Biak, Senin (10/2/2020).

Dikatakan Wakum, seluruh peserta kegiatan ini dilatih, dibekali dan dipersiapkan agar nantinya akan turun sebagai petugas lapangan dan petugas pengawas dari pegawai BPS Biak Numfor

“Dalam tugas ini, pengawas membawahi beberapa petugas dan 1 petugas membawahi 2 wilayah tugas untuk mengambil data di setiap 10 rumah tangga dalam wilayah blok sensus saat proses pengumpulan data,” terangnya.

Menurut Wakum, dilaksanakannya kegiatan ini guna mendapatkan data indikator sosial ekonomi yang berkaitan dengan demografi maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Biak Numfor dan di seluruh Indonesia.

“Kebetulan Biak untuk putaran pertama Maret 2020 dan putaran ke dua sekitar September 2020,” sambungnya.

Dijelaskan Wakum, ruang lingkup dari pekerjaan ini adalah mengambil data yang berkaitan dengan rumah tangga, serta data pengeluaran yang berhubungan dengan makanan dan non makanan.

Kemudian, yang berkaitan dengan kondisi perumahan dan tingkat pendidikan, kesehatan dari masyarakat yang menjadi sampel dari pelaksanaan survei.

“Saya berharap masyarakat yang nantinya didatangi petugas bersedia membuka pintu rumah dan menerima dengan baik serta memberikan keterangan yang benar dan jelas sesuai yang ditanyakan. Sebab petugas dilengkapi dengan kuisioner daftar pertanyaan yang  memuat beberapa hal yang harus ditanyakan kepada rumah tangga,” harap Wakum.

Juga kepada aparat distrik, kelurahan dan kampong, ia meminta untuk bisa mengijinkan petugas BPS memasuki wilayah masing-masing dan melaksanakan kegiatan untuk mengambil data disana.

(Hend DK)
Share it:

Ekonomi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga