Polisi Ungkap Pabrik Miras Lokal Sopi di Biak

Jajaran Kepolisian Resor Biak Numfor melalui Tim Iknampu yang baru diaktifkan berhasil mengungkap keberadaan pabrik penyulingan minuman keras lokal jenis sopi di wilayah itu.
Share it:
Tim Iknampu Polres Biak saat mengerebek pabrik miras lokal
Biak, Dharapospapua.com - Jajaran Kepolisian Resor Biak Numfor melalui Tim Iknampu yang baru diaktifkan berhasil mengungkap keberadaan pabrik penyulingan minuman keras lokal jenis sopi di wilayah itu.

Tepatnya, di area Pasar Inpres, Waupnor, Biak, Senin(20/4/2020).

Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti  seperti 2 unit Kompor Hock, 5 Pipa penyulingan, 2 dandang, 1 karung berisikan botol plastik aqua 600 mili yang berisikan minuman lokal jenis sopi siap jual, 2 corong, 1 teko plastik, 1 ember besar, 1 drum penyulingan. Seluruh barang bukti dimaksud telah diamankan di ruang Satresnarkoba Polres Biak Numfor.

Saat ini, pengungkapan kasus  tengah diselidiki dan ditangani personel Polres Biak Numfor.
Pada kasus ini, turut diamankan 5 orang tersangka.

"Jadi 5 orang yang tertangkap di lokasi pabrik tapi pengelola berinisial LN yang dibawa ke Satres. Beliaulah pemilik usaha sopi ini sedangkan yang 4 lainnya hanya pekerja," terang Ketua Tim Iknampu Polres Biak Numfor, IPDA. Ridwan Nanang  dalam pernyataannya kepada media, Selasa (21/4/2020).

Diuraikan, penemuan pabrik sopi ini berawal saat Tim Iknampu melakukan patroli dan pengawasan di area Pasar Inpres dan mendapati adanya beberapa warga menengah ke bawah  yang sedang mengkonsumsi miras lokal jenis sopi.

“Setelah kami lakukan pengembangan informasi dari para warga tersebut, akhirnya kami berhasil mengungkap lokasi pabrik penyulingan minuman keras jenis sopi serta pengelolanya,”urai IPDA. Ridwan

Dijelaskan, kehadiran timnya di TKP sekitar pukul 22.00 Wit, langsung mengamankan pengelola pabrik beserta barang bukti yang ada dan di bawa ke Mapolres

“Mereka memanfaatkan situasi sekarang di saat orang-orang sulit mendapatkan miras, maka alternatifnya yaitu minuman lokal jenis sopi ini. Dan ini juga di larang karena termasuk dalam jenis minuman keras, jadi tetap kita amankan,” sambungnya.

Diakui IPDA. Ridwan, di tengah situasi pencegahan virus Corona saat ini, dimana adanya pembatasan pusat keramaian hingga larangan penjualan miras di Biak Numfor yang oleh pihak-pihak tertentu malah dijadikan momen untuk mengeruk keuntungan.

Mereka memanfaatkan situasi yang ada seperti yang dilakukan pengelola pabrik penyulingan miras lokas jenis sopi ini.

"Jadi, kasus ini sudah diserahkan ke Satresnarkoba Plores Biak Numfor guna penanganan lebih lanjut," pungkasnya

(Hend DK)
Share it:

Hukum dan Kriminal

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga